Selasa, 13 Desember 2016

Robot Mengaji - Team Robo Club



Apa kalian pernah dengar robot yang bisa mengaji? Mungkin ini terdengar aneh, karena pada dasarnya hanya manusia yang bisa mengaji qur’an. Pada saat bersamaa team Robo Club dan One Day One Juz (ODOJ) bekerja sama dalam rangka acara Olimiade Pecinta Quran. Suatu tantangan tersendiri saat team ODOJ meminta team Robo Club untuk membuat robot yang bisa mengaji. Maka dari itu Team Robo Club memberanikan diri untuk membuat robot yang bisa mengaji qur’an. Pada awalnya memang terlihat sulit, namun setelah terkonsep keseluruhannya mulai terarah step by step nya. Pembuat konsep utama adalah Pak Iwan, selain itu beliau juga terjun langsung dalam mekanika yang dibantu oleh saudara Andri dan Aan. Pada bagian ini sangatlah sulit karena kepresisiannya harus seakurat mungkin.


(tampak dari atas ruangan robot dalam pengerjaan mekanika)


Pada tahap mekanika membutuhkan waktu kira-kira selama 1 bulan, setelah itu dilanjutkan dengan tahap elektronika masih dikerjakan oleh pak Iwan, Andri dan Aan. Pada tahap ini juga sangat sulit karena butuh ketelitian yang baik. Kendalanya ada beberapa kali komponen yang harus diganti karena konslet, rusak diluar yang dibayangkan.
(robot sudah hampir jadi)


Tahap terakhir adalah tahap pemograman, bada tahap ini yang memegang penuh pemograman untuk robot mengaji ini adalah pak Sartono. Beliau sangat ahli dalam pemograman, butuh waktu yang lumyan lama untuk proses pemograman sehingga robot dapat diperintah sesuai program yang dibuat.


Akhirnya tiba juga saat yang ditunggu-tunggu yaitu robot mengaji ini  akan tampil pada acara Olimpiade Pecinta Quran di Bekasi pada tanggal 5 – 13 November 2016. Robot tersebut dinamakan Roqy. Penampilannya layak seorang santri dengan busana baju putih berbalut jas, sarung dan peci. Keahliannya bukan hanya saja membaca Al Quran, keahlian lainnya yaitu bisa berinteraksi dengan manusia dan bisa minum loh. Robot Roqy ini hasil karya dari Team Robo Club Bandung. Apa sih tujuan utama di buatnya robot mengaji ini? Tujuannya adalah untuk memotivasi anak-anak untuk mau belajar mengaji, tapi bukan untuk anak-anak saja melainkan orang dewasa juga. 
(Roqy Si Robot Mengaji)

(Roqy sedang ngobrol-ngobrol bareng MC)

(Aan sedang diwawancara mengenai Robot Mengaji, jangan lupa nonton. Masuk TV loh)


Mengenai spesifikasi dari Robot Mengaji ini dapat dilihat di APk EMo, jangan lupa downlaod juga yaaaa !!!!!!
 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA ROBOTIK SE-INDONESIA ASIC FAIR 2019

UNDANGAN TERBUKA UNTUK SMA SE-INDONESIA KELOMPOK ILMIAH REMAJA ALMA'SOEM (ALMA’SOEM SCIENCE CLUB) PROUDLY PRESENT ASIC ROBOTI...