Senin, 08 Juni 2015

Team KAIST Memenangkan Darpa Robotics Competition 2015

Photo: Evan Ackerman/IEEE Spectrum 
Professor Jun Ho Oh dan Tim KAIST bersama dengan Progam Manager DARPA


Final DARPA Robotics Competition yang dilaksanakan di Pomona, California Amerika Serikat pada tanggal 5-6 juni, 2015 telah membawa tim KAIST, dari Korea Selatan sebagai pemenang. dengan perbedaan waktu yang cukup signifikan.

Babak final kali ini sangatlah menegangkan dikarenakan tim papan atas lain dari DARPA robotics competition mencoba untuk mengejar ketinggalan dengan Tim KAIST, yang telah menyelesaikan run yang sempurna, mencetak nilai maksimum 8 poin di waktu 44:28 menit. Kedua tim sama-sama mencetak 8 poin, namun tim KAIST, dari Korea Selatan, memiliki waktu terbaik, memenangkan posisi teratas dan memenangkan 2 juta dolar USD sebagai hadiah utama.
Robot dari KAIST, yang diberi nama DRC-HUBO, adalah humanoid bipedal. Tapi tidak seperti humanoids lainnya, seperti robot ATLAS digunakan oleh beberapa tim lain, DRC-HUBO memiliki modifikasi, termasuk roda pada lutut, yang memungkinkan untuk melakukan tugas-tugas lebih cepat dan, mungkin yang lebih penting adalah kemampuan menghindari jatuh.


Foto: Erico Guizzo / IEEE   
Robot inilah yang memenangkan DRC 2015

Tim Robotika IHMC selesai kedua, memenangkan 1 juta dolar USD. Tartan Rescue berada di posisi ketiga, dan akan membawa pulang $ 500.000. Keduanya merupakan tim favorit, berdasarkan penampilan mereka yang kuat pada di hari pertama dari Final.

Tim KAIST dipimpin oleh Jun Ho Oh, seorang profesor di Korea Advanced Institute of Science and Technology, di Daejeon, Korea Selatan, dan salah satu pakar dunia dalam robot humanoid. Dia dan timnya tengah mengembangkan HUBO robot mereka selama beberapa generasi.

Selamat kepada Tim KAIST dan semua tim lain!

  
Biografi Penulis

Elynda LR

[Instruktur Robotik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA ROBOTIK SE-INDONESIA ASIC FAIR 2019

UNDANGAN TERBUKA UNTUK SMA SE-INDONESIA KELOMPOK ILMIAH REMAJA ALMA'SOEM (ALMA’SOEM SCIENCE CLUB) PROUDLY PRESENT ASIC ROBOTI...