Senin, 15 Juni 2015

ITB Menyabet Piala Bergilir Dari Kontes Robot ABU Indonesia 2015



Yogyakarta: Setelah melalu proses lomba yang panjang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2015 tingkat nasional yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sejak Kamis (11/6) hingga Minggu (14/6) telah berakhir. Tim Dagominton buatan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) keluar sebagai pemenang pada Kontes ABU Indonesia (KRAI) 2015. Mereka pun berhak meraih penghargaan Piala Bergilir Kontes Robot Asia-Pasific Broadcasting Union (ABU) dan berhak maju ke kontes robot ABU tingkat Internasional, yang juga akan diselenggarakan di Sportorium UMY pada bulan Agustus 2015 mendatang.

Dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) ini, kontes robot ABU merupakan kontes robot yang utama. Karena itulah pada tahun ini ITB yang mendapat kesempatan meraih piala bergilir. Robot Dagominton milik ITB ini juga berhasil meraih posisi pertama pada laga Final KRAI 2015 melawan robot Barelang 5.5 milik Politeknik Negeri Batam, dengan skor 5-1.

Ketetapan pemenang dan piala bergilir Kontes Robot ABU tersebut diumumkan dan diserahkan pada acara penutupan KRI 2015 tingkat nasional di Sportorium UMY, pada Minggu sore (14/6). Dalam acara penutupan ini, Rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto, MA mengutarakan rasa terima kasihnya atas kehadiran peserta serta para supporter yang telah datang ke UMY untuk mengikuti rangkaian acara kontes. 

Ucapan terima kasih pun turut diutarakan Rektor UMY kepada seluruh dewan juri serta wasit. Selain itu, Prof Bambang juga mengatakan jika sebenarnya Indonesia itu memiliki aset yang sangat luar biasa, untuk bisa dibanggakan pada masyarakat dunia. Hanya saja, aset tersebut masih terpendam, khususnya dalam diri pemuda dan anak didik bangsa. “Karena itu, dengan adanya kontes robot Indonesia ini semoga bisa menjadi sarana untuk bisa menumbuhkan aset bangsa yang sangat luar biasa ini. Dan di masa depan dapat dibanggakan pada seluruh masyarakat dunia,” ujarnya.

Adapun para pemenang pada KRI 2015 ini berdasarkan surat keputusan dewan juri nomor 002/SKBT/KRI/UMY/2015 yang disampaikan oleh Ketua Dewan Juri Ir. Wahidin Wahab adalah, pada Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) Juara pertama diraih oleh Dagominton dari ITB, juara kedua Barelang 5.5 dari Politeknik Negeri Batam, juara ketiga INVICTO dari Universitas Brawijaya, dan juara harapan IRTONAS dari Politeknik Negeri Jember. Untuk kategori Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) Beroda, juara pertama diraih oleh Beater 2.3 dari Universitas Sultan Agung (UNISULA) Semaran, juara kedua Effiro dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), juara ketiga Playmaker dari Universitas Kristen Sanata Dharma (UKSD), dan juara harapan Mobo Evo dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

"Kemudian untuk KRPAI kategori berkaki, juara pertama diraih oleh Cyber Rimau dari Universitas Sriwijaya, juara kedua Makalam 3.1 dari Sekolah Tinggi Ilmu Dinamika Bangsa, juara ketiga Yudistira 3 dari Politenik Negeri Bandung, dan juara harapan diraih oleh Gareng Punk dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Pemenang Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), juara harapan diraih oleh Al-Farabi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), juara ketiga Rac-Rg dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), juara kedua Ichiro dari Institut Teknologi Sepulun Nopember (ITS), dan juara pertama diraih oleh Eros dari PENS,” jelas Wahidin.

Adapun pemenang untuk Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), juara pertama diraih oleh Erisa dari PENS, juara kedua Azka dan Azra Universitas Brawijaya, juara ketiga Badaya dari Universitas Telkom dan juara harapan Robosterra dari UGM.


Seperti kata pak walikota bandung Bapak Ridwan Kamil, #BandungJuara alhamdulillah wakil dari kota Bandung benar-benar juara, Selamat kepada Tim Dargonminton ITB, semoga sukses di kontes ABU teingkat internasionalnya. (dikutip dari brbagai sumber)


Biografi Penulis

Elynda L.R

[Instruktur Robotik]

2 komentar:

  1. wuih.... hebat kakak ITB..
    Selamat ya kak...

    BalasHapus
  2. Artikel tentang 'Robot' yang anda tulis sangat menarik dan bagus.
    Kita juga punya artikel mengenai 'Robot', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya

    http://robotika.blog.gunadarma.ac.id//
    terima kasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus

LOMBA ROBOTIK SE-INDONESIA ASIC FAIR 2019

UNDANGAN TERBUKA UNTUK SMA SE-INDONESIA KELOMPOK ILMIAH REMAJA ALMA'SOEM (ALMA’SOEM SCIENCE CLUB) PROUDLY PRESENT ASIC ROBOTI...