Senin, 08 Juni 2015

Dari Tangan Mungil Para Siswa SD Garut Terciptalah Robot-Robot Kreatif Nan Serbaguna


Garut, Penguasaan teknologi untuk menciptakan sebuah robot tak hanya didominasi siswa di kota besar maupun para mahasiswa. Di Garut, Jawa Barat beragam robot tercipta dari tangan-tangan kreatif para Siswa SD dalam kompetisi menciptakan robot.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (25/5/2015), 27 tim yang mewakili 27 sekolah dasar (SD) Se-Kabupaten Garut terlihat sibuk dengan beragam komponen elektro. Didampingi para instruktur masing-masing anggota tim memiliki tugas yang kemudian akan disatukan menjadi sebuah karya yaitu robot.

Ya, para siswa SD ini adalah peserta kompetisi merangkai robot yang digelar di Pendopo Kabupaten Garut. Siapa sangka robot-robot serbaguna ini terlahir dari tangan-tangan mungil para siswa SD.

Bermacam robot diciptakan, seperti robot pembersih lantai, robot penyiram tanaman, robot pengangkut sampah, robot pengerek bendera, dan bermacam robot lainnya. Ide pembuatan robot sendiri diserahkan kepada para peserta lomba.

Kompetisi merakit robot tingkat dasar ini untuk memacu kreativitas sekaligus pendidikan karakter bagi para siswa. Bagi dinas pendidikan setempat event ini mendorong sisi kreativitas para siswa.

"Ini cukup mencengangkan ya. Itu orang kampung yang biasa memegang binatang. Sekarang diberi alat ini, yang tidak terbiasa memegang komputer ternyata termotivasi," kata Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Mahdar.

Dalam kompetisi ini masing-masing sekolah diwakili sebuah tim yang terdiri 5 siswa dari kelas 5 SD. Mereka bersaing untuk menciptakan karya terbaik agar bisa menjadi juara.

Selain menggunakan sistem komputer untuk memudahkan pengoperasian robot juga digunakan teknologi bluetooth pada tablet sebagai alat pengendali jarak jauh. (dikutip dari liputan6.com)


Biografi Penulis

 Elynda L.R

[Instruktur Robotik]




1 komentar:

  1. wuihh di garut keren uda ada lomba robotya...

    BalasHapus

LOMBA ROBOTIK SE-INDONESIA ASIC FAIR 2019

UNDANGAN TERBUKA UNTUK SMA SE-INDONESIA KELOMPOK ILMIAH REMAJA ALMA'SOEM (ALMA’SOEM SCIENCE CLUB) PROUDLY PRESENT ASIC ROBOTI...