Jumat, 24 April 2015

Pemenang PRC 2014 goes to Singapore Robotic Games 2015


. Singapura Robotic game adalah salah satu program tahunan yang pertama kali digelar pada bulan Desember tahun 1993.
Singapura Robotic game 2015 dirancang untuk mengintegrasi antara akademik dan penelitian terhadap kemajuan dalam robotika dan otomasi. Singapore Robotic Games bermotif seperti Olimpiade namun yang berpartisipasi dalam olimpiade ini adalah robot. Seperti di Olimpiade, pada SRG robot akan berkompetisi sepertihalnya olimpiade pada umumnya. Mereka diperlukan penelitian dan pengembangan terhadap sistem robot-kinerja yang lebih tinggi. Oleh karena itu masukan dan pameran di SRG bukan produk komersial. secara alami akan datang dari lembaga akademik dan penelitian, meskipun SRG ini juga terbuka untuk partisipasi industri. Dengan demikian SRG dimaksudkan untuk menampilkan kepada publik bahwa robot mampu melakukan berkembang dari generasi ke generasi masa depan robot komersial yang tersedia.


Maksud dan Tujuan dari SRG 2015 adalah:
·         untuk menanamkan dalam masyarakat umum pemahaman dan apresiasi robotika dan otomasi;
·         untuk mendidik masyarakat umum pada hal-hal robot dapat melakukan yang terlepas dari tugas-tugas industri;
·         untuk membantu dalam pengembangan teknologi dengan menyediakan tolak ukur untuk robotika praktis penelitian dan pengembangan; dan
·         untuk mendorong inovasi dalam desain antara para insinyur muda dan menyediakan mereka dengan sebuah forum untuk menampilkan karya-karya mereka


Kategori lomba yang diikuti oleh peserta PRC antara lain :
Kategori SD-SMP-SMA
Sumo Robot
RC Sumo Robot adalah kategori lomba dimana mobile robot peserta harus mampu mendorong robot lawannya keluar dari arena yang telah ditentukan. Robot dioperasikan melalui konsol Radio Control/ Remote Control (RC).
School Robot Competition
Untuk merancang dan membangun sebuah robot otonom yang mampu mengikuti jalur hitam dengan melewati rintangan yang telah dibangun. Pada akhir jalan robot harus mengumpulkan 200g  berat dan kembali ke kotak awal sebelum terbongkar. Robot harus mampu menerima dan mengirimkan secara nirkabel  informasi posisi.
Sumo Robot otomatis
Sumo Robot otomatis adalah kategori lomba dimana mobile robot peserta harus mampu mendorong robot lawannya keluar dari arena yang telah ditentukan. Robot tidak dioperasikan oleh remot control dan robot harus bekerja secara otomatis
Legged Robot Marathon Race
Lagged robot merupakan robot yang dibuat dan di desain untuk berjalan, berlari atau melompat sekencang-kencangnya pada arena datar yang telah disediakan sejauh 6 meter dengan lebar 28.9 cm. Robot akan berlomba-lomba sampai ke garis finish dengan waktu yang sesingkat-singkatnya.
Wall Climbing Robot Race
  Wall Climbing robot Race merupakan lomba robot yang dapat berjalan dan memanjat secara vertkal atau horizontal pada arena yang telah disediakan. Dengan waktu yang secepat-cepatnya. Robot harus dapat menunjukan gerakan yang fleksibel dan cekatan.
Pole Balancing Robot
Pole Balancing Robot merupakan lomba robot yang diharuskan untuk menyeimbangkan sebuah pendulum yang bergerak bebas dengan cara mengayunkannya terhadap 2 sudut vertikal sampai seimbang.
Pico Mouse Competition Robot
  Pico Mouse robot merupakan sebuah robot beroda dengan dimensi yang sangat kecil robot ini diharapkan mampu melewati lintasan yang telah disediakan oleh panitia berupa labirin.

PESERTA PRC 2014

ANGGOTA
KATEGORI LOMBA
KETERANGAN
KATEGORI LOMBA YANG DIIKUTI DI SRG 2015






Eric Septian Hermawan
Desain Inovatif Robot
Mahasiswa
Autonomous Sumo Robot Competition
Dionisius Alvin Gunadi
Kevin Reinaldo Mulyono
Junaidi Sucipto
Underwater Robot
Mahasiswa
Autonomous Sumo Robot Competition
Gema Albadi Irman
Fernando Indrawan
Chandra Kustiana
Applicative Robot
Challenge
Sumo Robot Competition
Apek Taryadi Rahmat
Farrell Hung
Applicative Robot
Junior
Schools' Robotic Competition
Seline Hung
Harits Muhammad Setyaman
Sumo Robot
Challenge
Sumo Robot Competition
Cri Irsyad Ibnu Fajar
Abdillah Muhammad Halim
Somo Robot
Junior
Autonomous Sumo Robot Competition



Pemenang Peserta SRG 2015 dari Pemenang PRC 2014 :
·         Seline Hung dan Farrel Hung First Winner  in open category and schools Robotic competition
·         Harits Muhammad Setyaman of SMA Negeri 3 Bandung for winning second Runner-Up in Schools Robotic Competition.





  Dokumentasi












Biografi Penulis
Aan Eko S

(instr.robotik ROBO CLUB)
[deskripsi penulis]










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA ROBOTIK SE-INDONESIA ASIC FAIR 2019

UNDANGAN TERBUKA UNTUK SMA SE-INDONESIA KELOMPOK ILMIAH REMAJA ALMA'SOEM (ALMA’SOEM SCIENCE CLUB) PROUDLY PRESENT ASIC ROBOTI...