Senin, 19 Januari 2015

MENGENAL ROBOT

Robot ? kalo kita denger robot pasti tuhh keinget sama transformers, Robocop, dll benda kuat, hebat dan tangguh otaknya juga di atur secerdas dan segesit mungkin sempurna yaa ? ga ada yg sempurna loh d dunia ini pasti aja ada kurangnya hhe..
robot itu ga peka dan ga punya  perasaan (ciie perasaan) ..
Tapi,, apa ade-ade tau ga apa arti ROBOT itu sendiri ?’
Yuu cari tau..
Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan control manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dahulu (kecerdasan buatan)
Istilah robot berasal dari bahasa cheko “Robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat dan berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor .
Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot, namun pengertian robot tidaklah dipahami secara sama oleh setiap orang. Sebagian membayangkan robot adalah suatu mesin tiruan manusia (humanoid), meski demikian humanoid bukanlah satu-satunya jenis robot
Pada kamus Webster pengertian robot adalah : An Automatic device that performs function ordinarily ascribed to human beings (sebuah alat otomatis yang melakukan fungsi berdasarkan kebutuhan manusia.
Dari kamus oxford diperoleh pengertian robot adalah : A machine capable of carrying out a complex series of actions automatically, espetically one programmed by a computer (sebuah mesin yang mampu melakukan serangkaian tugas rumit secara otomatis, terutama yang di program oleh computer.
Sumber : Wikipedia

Kita ketahui Jenis-Jenis Resistor yuu J
Ade-ade tau resistor itu apa ?
Resistor adalah komponen elektronika berjenis pasif yang mempunyai sifat menghambat arus listrik .
Satuan resistor adalah ohm biasa disimbolkan (ini simbolnya ga ada keyboard.y maaf)
Fungsi dari resistor itu sendiri adalah :
1.       Sebagai pembagi arus
2.       Sebagai penurun tegangan
3.       Sebagai pembagi tegangan
4.       Sebagai penghambat aliran arus listrik dll.
Resistor berdasarkan nilainya dapat dibagi dalam 3 jenis yaitu :
1.       Fixed Resistor                       : Resistor yang nilai hambatnya tetap
2.        Variabel Resitor                  : Resistor yang nilai hambatnya dapat di ubah-ubah
3.       Resistor Non Linnier           : Resistor yang nilai hambatnya tidak linier karena pengaruh factor lingkungan     misalnya suhu dan cahaya .
Sekarang kita bahas sensor..
Berdasarkan fungsi dan penggunaannya sensor dapat dikelompokan menjadi 3 bagian yaitu
a.       Sensor thermal
b.       Sensor mekanis
c.        Sensor optic atau cahaya
Sensor thermal adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi gejala perubahan panas/temperature suhu pada suatu dimensi benda atau dimensi ruang tertentu.
Contohnya : bimetal,termistol, termokopel, RTD, photo transistor, photo diode, photo multiplier, photovoltaic, infrared pyrometer, hygrometer dsb..
Sensor mekanis adalah sensor yang mendeteksi perubahan gerak mekanis, seperti perpindahan atau pergeseran atau posisi, gerak lurus dan melingkar, tekanan, aliran, level dsb.
Contoh : strain gege, linear variable deferential transformer (LVDT), proximity, potensiometer, load cell, bourdon tube, dsb.
Sensor optic atau cahaya adalah sensor yang mendeteksi perubahan cahaya dari sumber cahaya, pantulan cahaya ataupun bias cahaya yang mengenai benda atau ruangan.
Contoh : photo cell, photo transistor, photo diode,photo voltaic, photo multiplier, pyrometer optic dsb.
Klasifikasi Transduser (William D.C, 1993)
a.       Self generating transduser(transduser pembangkit sendiri) adalah transduser yang hanya memerlukan satu sumber energy
Contohnya : piezo electric, termocouple, photovoltaic, thermistor dsb
b.       External power (transduser daya dari luar) adalah transduser yang memerlukan sejumlah energy dari luar untuk menghasilkan keluaran
Contohnya :  RTD (Resistance thermal detector), starin gauge, LVDT(Linier Variable Differential Transformer), Potensiometer, NTC, dsb
Beberapa jenis robot :
1.       Robot mobil (bergerak) yang bisa berpindah tempat.
Robot mobil atau mobil robot adalah konstruksi robot yang ciri khasnya mempunyai akuator berupa roda untuk menggerakan keseluruhan badan robot tersebut, sehingga robot tersebut dapat melakukan perpindahan posisi dari satu titik ke titik yang lain. Robot mobil ini sangat disukai bagi orang yang mulai mempelajari robot. Hal ini karena membuat robot mobil tidak memerlukan kerja fisik yang berat. Untuk dapat membuat sebuah robot mobile minimal diperlukan pengetahuan tentang mikrokontreler dan sensor-sensor elektro.
2.       Robot Manipulator (tangan)
Robot ini hanya memiliki satu tangan seperti tangan manusia yang fungsinya untuk memegang atau memindahkan barang, contoh robot ini adalah robot las di industri mobil, robot merakit elekronik dll.
3.       Robot Humaid
robot yang memiliki kempampuan menyerupai manusia, baik fungsi maupun cara bertindak, contoh robot ini adalah Ashimo yang dikembangkan oleh Honda.
4.       Robot Berkaki
Robot ini memiliki kaki seperti hewan atau manusia, yang mampu melangkah, seperti robot serangga, robot kepiting dll.
5.       Flying Robot (Robot Terbang)
robot yang mampu terbang, robot ini menyerupai pesawat model yang deprogram khusus untuk memonitor keadaan di tanah dari atas, dan juga untuk meneruskan komunikasi
6.       Under Water Robot (Robot dalam air)
robot ini digunakan dibawah laut untuk memonitor kondisi bawah laut dan juga untuk mengambil sesuatu di bawah laut.

Semoga bermanfaat J

Sumber : Article,Ilmu Robotic

Biografi Penulis
Fitri
(instr.robotik ROBO CLUB)
[deskripsi penulis]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA ROBOTIK SE-INDONESIA ASIC FAIR 2019

UNDANGAN TERBUKA UNTUK SMA SE-INDONESIA KELOMPOK ILMIAH REMAJA ALMA'SOEM (ALMA’SOEM SCIENCE CLUB) PROUDLY PRESENT ASIC ROBOTI...