Jumat, 23 Januari 2015

Alat dan komponen elektronik

Alat elektronik merupakan alat atau sistem yang didalamnya terdapat komponen elektronik
Sedangkan untuk komponen elektronik itu secara umum berdasarkan karakteristiknya dapat dibagi menjadi dua;
1.       Kompnen aktif
Komponen aktif merupakan komponen yang memerlukan daya untuk bekerja atau berfungsi. Beberpa ciri dari komponen aktif, komponen jenis ini dapat menguatkan atau melemahkan tegangan dan dapat mengubah suatu bentuk energi ke bentuk energi lain
Contoh dari komponen aktif diantaranya: dioda, LED, Transistor, macam-macam tranduser

2.       Komponen pasif merupakankomponen yang tidak memerlukan daya untuk bekerja. Komponen ini tidak memiliki kemampuan untuk menguatkan atau melemahkan daya, dan juga tida mampu mengubah suatu bentuk energi ke bentuk energi lain. Contoh dari komponen pasif adalah resistor, capasitor dan induktor.
Pada dasarnya berdasar pembagian jenis komponen dari karakteristiknya seperti diatas (aktif dan pasif), komponen elektronika terdiri dari  resistor, capasitor,dan induktor sebagai komponen pasif, serta tranduser dan dioda sebagai komponen pasif, jadi hanya 5 koponen dasar nagkan 4 tanpa tranduser. Hal demikian dikarenakan komponen lain merupakan rangkaian dari komponen komponen dasar yang 4 (resistor, kapasitor, induktor , dan dioda).

 Misalnya transistor yang sebenarnya adalah dua dioda yang digabungkan membentuk pola NPN atau PNP. IC (integratede circuit) yang pada umumnya merupakan rakaian bebeapa transistor didalamnya, atau ditambaha dengan komponen daar lain. Contoh lain ialah transformator yang merupakan induktor yang diberi  inti plat untuk mengalirkan fluks listrik. Dan masih banyak komponen lain yang jika di pelajari merupakan gabungan dari beberapa komponen dasar (resistor, kapasitor, induktor, dan dioda)


Biografi Penulis
Dain H

(instr.robotik ROBO CLUB)
[deskripsi penulis]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUNDIAL ROBOTIC COMPETITION 2018

PUSPA IPTEK SUNDIAL DAN ROBOCLUB : Mempersembahkan: SUNDIAL ROBOTIC COMPETITION 2018 Ayo persiapkan diri kamu untuk mengikuti ran...