Senin, 22 Desember 2014

SENSOR SUHU SEDERHANA MENGGUNAKAN LM35

LM 35 merupakan salah satu sensor suhu yang sangat terkenal karena kemudahan  dalam penggunaan dan sederhana. sumber tegangan tunggal atau dua sumber tegangan. Beberapa karakteristik dari LM 35 Adalah :
·         Dikalibrasi langsung pada °C
·         Skala faktor linear ± 10 mV/ °C
·         Range antara -55 sampai +150 °C
·         Arus kurang dari 2 Āµ A
·         Pemanasan rendah 0.08°C
Beberapa aplikasi yang menggunakan sensor LM 35 diantaranya adalah sistem monitoring suhu ruangan pada laboratorium kimia, sismtem monitoring suhu rumah kaca dan lain lain.
Komponen Utama:
·         IC LM35
·         IC LM393
·         Resistor Variabel/Trimport 10K ohm
·         Resistor 470 Ohm
·         Led Bebas (merah,biru, hijau)
Berikut Adalah skematik rangkaian nya

Pada bagian IC LM 35 yaitu sebagai penerima inputan suhu yang diteruskan ke   IC LM 393 sebagai komparator pembagi tegangan dimana keluaran yang dihasilkan pada LM 35 masuk ke kaki inverting, sedangkan kaki non inverting sebagai potensio yang berfungsi untuk mengatur keluaran inputan. Kaki 8 sebagai VS+ batas tegangan kerja IC LM 393 yaitu 5 VDC , dan kaki 4 sebagai VS- . Output yang dihasilkan dari komparator dikeluarkan melalui kaki 7 yang diberi LED sebagai indikator.
           Fungsi dari Op-Amp 393 yaitu sebagai komparator pembanding tegangan, yaitu membadingkan tegangan – tegangan masuk di kaki inverting yang di atur menggunakan potensiometer yang ada di kaki non inverting. Vref di hubungkan ke +V supply, kemudian R1 dan R2 digunakan sebagai pembagi tegangan, sehingg nilai tegangan yang di referensikan pada masukan + op-amp adalah sebesar : V = [R1/(R1+R2) ] * Vsupply
Berikut adalah contoh IC LM 393

IC LM 393 mempunyai dua inputan yang terdiri dari inverting dan non-inverting dan dua output, kaki 4 sebagai ground dan kaki 8 sebagai Vcc.
Selamat mencoba,, gampang ko simulasi dulu menggunakan Projectboard
Referensi

Diakses pada 18 Desember 2014 pada pukul 11.51 WIB.

Biografi Penulis
Gandi N Yusuf
(instr.robotik ROBO CLUB)
[deskripsi penulis]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA ROBOTIK SE-INDONESIA ASIC FAIR 2019

UNDANGAN TERBUKA UNTUK SMA SE-INDONESIA KELOMPOK ILMIAH REMAJA ALMA'SOEM (ALMA’SOEM SCIENCE CLUB) PROUDLY PRESENT ASIC ROBOTI...