Selasa, 30 Desember 2014

Pengenalan Mikrokontroler

    Mungkin diantara teman-teman ada yang penasaran bagaimana sebuah robot bisa bergerak begitu cerdas, bagaimana mobil bisa mendeteksi jarak benda di sekitarnya, dan bagaimana pintu mal bisa terbuka otomatis. Jawaban sederhana dan mendasar adalah mikrokontroler.
Apa itu mikrokontroler? Secara sederhana mikrokontroler adalah sebuah sistem mikroprosesor yang di dalamnya sudah terdapat CPU (Central Processing Unit), ROM (Read Only Memory), RAM (Random Access Memory), Input Output, dan peralatan internal lainnya yang dikemas dalam 1 chip sehingga kita tinggal mengisi program ke dalam memorinya.
Apa hubungan mikrokontroler dan perangkat cerdas? Perangkat cerdas berfungsi sesuai dengan program cerdas yang terisi ke dalam memori mikrokontroler. Misal kita membuat program robot pengikut garis ke dalam mikrokontroler, maka mikrokontroler akan melakukan proses terhadap sensor dan motor untuk bergerak mengikuti garis.
Sebelum kita membahas jauh tentang mikrokontroler, mari kita bahas terlebih dahulu tentang saudaranya, yaitu mikrokomputer. Apakah mikrokomputer dan mikrokontroler itu sama? Persamaannya adalah bahwa keduanya memiliki sistem mikroprosesor yang tertanam di dalam chipnya. Perbedaannya adalah mikrokomputer biasanya tidak menyimpan peralatan lainnya seperti RAM, ROM, Clock di dalam 1 chip. Sehingga mikrokomputer membutuhkan chip lain untuk berfungsi misal chip RAM, chip ROM dan lain sebagainya. Selain itu perbedaan yang paling utama adalah dari sisi penggunaannya. Mikrokomputer digunakan untuk kebutuhan yang umum seperti menulis file, memutar lagu dan lain sebagainya. Contoh produsen mikrokomputer yang terkenal adalah Intel, AMD, dan ARM. Sedangkan mikrokontroler digunakan untuk kebutuhan khusus misal kontroler, akuisisi data dan hal-hal spesifik lainnya. Contoh produsen mikrokontroler yang terkenal adalah Atmel, Microchip, Texas Instrument dan lain sebagainya.
Secara umum kita sudah dapat membedakan antara mikrokomputer dan mikrokontroler, mari kita kembali ke bahasan kita tentang mikrokontroler. Apa yang harus kita pelajari untuk bisa mengerti mikrokontroler?
Untuk membuat aplikasi berbasis mikrokontroler kita bisa belajar dengan membuat sistem minimum dan downloader mikrokontroler sendiri dan mencobanya. Banyak sekali tutorial bertebaran di internet yang membahas aplikasi mikrokontroler. Namun, untuk lebih memahami mikrokontroler secara mendalam, pertama-tama teman-teman sangat disarankan belajar mengenai basis bilangan seperti desimal, oktal, biner, dan heksadesimal. Kedua teman-teman disarankan belajar mengenai elektronika digital seperti timer, counter, gerbang logika. Ketiga barulah teman-teman belajar mikrokontroler dan pemrogramannya. Sekian pengenalan materi ini dan sampai jumpa di materi selanjutanya

Tetap semangat untuk belajar.

ini dia gallery RFC minggu ini....>>>>>



mono mau kenalin dlu nich....ini kaka OKY pembicara RFC di minggu ini...ini kaka oky lagi nerangin mikrokontroler....



kalau ini peserta2 RFC minggu ini...serius yah sahabat'' Mono dgrin kaka oky yg lagi nerangin mikrokontroler nya....




hihi... kaka oky juga antusias nerangin nya... ^^>



hehe ,,,,,sahabat Mono lagi narsisi nih......

nahhh.....tunggu yah RFC selanjutnya dan ikuti aj langsung RFC nya...free loch.... 

Salam semangat ROBOTIK SELURUH INDONESIA.....^^>

Biografi Penulis
Okyza Maherdy Prabowo
(Pembicara)
[deskripsi penulis]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUNDIAL ROBOTIC COMPETITION 2018

PUSPA IPTEK SUNDIAL DAN ROBOCLUB : Mempersembahkan: SUNDIAL ROBOTIC COMPETITION 2018 Ayo persiapkan diri kamu untuk mengikuti ran...