Sabtu, 01 November 2014

Rangkaian Power Bank Handphone Darurat

Seperti judulnya, alat ini digunakan untuk sumber pengganti daya listrik yang berasal dari charge HP, desktop maupun power bank biasa. Banyak alasan penulis sering memakai alat ini jika dalam keadaan terdesak, semisal :
  • Saat perjalanan jauh ( saat pendakian gunung, masuk hutan/pedalaman, mudik lebaran, dsb ).
  • Saat listrik padam dan cadangan power bank biasa tidak cukup untuk mensupply.
  • Saat listrik padam terlalu lama, jika handphone sedang dalam posisi lowbat kita tidak bisa mencharge handphone kita.

Rangkaian power bank darurat ini sangat efisien, membantu kita untuk selalu dapat mengakses berita terbaru melalui smartphone kita. Dan yang paling penting adalah kita bisa update status sosial media semisal "
FACEBOOK
" dengan lancar walaupun kondisi tidak ada supply listrik dari PLN.
Untuk membuat rangkaian
power bank handphone darurat hanya diperlukan 4 buah baterai ABC yang disusun secara seri. Tegangan supply handphone yang standart adalah sekitar 5Volt s.d. 7,2Volt DC. Output dari rangkaian ini hanya sebesar 6 Volt, jadi aman jika di gunakan untuk handphone. Untuk baterainya bisa menggunakan ukuran AA, AAA, C, maupun D. Jangan lupa untuk menambahkan komponen dioda, karena ini sangat penting untuk pengaman handphone jika polaritasnya terbalik. Sehingga tidak akan merusak perangkat handphone anda.

Berikut ini gambar panduan warna standart kabel charge handphone tipe USB : 



Rangkaian Power Bank Handphone Darurat ini dapat dijadikan alternatif terakhir buat temen-temen jika memang keadaan sudah tidak memungkinkan lagi untuk melakukan pengecasan handphone dikala sedang tidak ada listrik yang mengalir. Semoga bermanfaat...

http://www.eyuana.com/2014/07/rangkaian-power-bank-handphone-darurat.html

Biografi Penulis
SUKINI
[deskripsi penulis]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA ROBOTIK SE-INDONESIA ASIC FAIR 2019

UNDANGAN TERBUKA UNTUK SMA SE-INDONESIA KELOMPOK ILMIAH REMAJA ALMA'SOEM (ALMA’SOEM SCIENCE CLUB) PROUDLY PRESENT ASIC ROBOTI...